SUARA INDONESIA BOJONEGORO

APBD Rp 9 M untuk Museum SBY Dibatalkan, DPRD Jatim: Alihkan untuk Rakyat!

- 23 February 2021 | 09:02 - Dibaca 23.25k kali
Peristiwa APBD Rp 9 M untuk Museum SBY Dibatalkan, DPRD Jatim: Alihkan untuk Rakyat!
Museum dan galeri seni SBY-ANI yang saat ini sedang diperbincangkan masyarakat Pacitan, anggaran mencapai Rp 9 miliar.

SURABAYA - Kalangan DPRD Jawa Timur menilai langkah Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa yang membatalkan dana hibah dari APBD Jatim sebesar Rp 9 miliar untuk Yudhoyono Foundation pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) guna pembangunan Museum SBY sudah tepat. Dana itu diminta untuk dialihkan membantu rakyat Pacitan.

“Sangat tepat jika dana hibah APBD dari duit rakyat Rp9 miliar untuk Yudhoyono Foundation yang didirikan Mas AHY itu dibatalkan. Saya mengapresiasi keputusan Bu Khofifah, meskipun terlambat dan setelah mendapat sorotan baru dibatalkan,” ujar anggota DPRD Jatim Deni Wicaksono saat dihubungi, Selasa (23/2/2021).


Deni berterima kasih kepada seluruh elemen masyarakat, terutama rakyat Pacitan, yang bersama-sama mendesak Pemprov Jatim dan Pemkab Pacitan untuk membatalkan pemberian dana hibah APBD tersebut.

Deni juga akan mendesak, dana hibah itu dialihkan untuk kepentingan rakyat Pacitan. “Jadi bukan ditarik ke provinsi, tapi saya akan perjuangkan dananya digunakan untuk membantu rakyat Pacitan, misalnya membantu pendidikan, kesehatan, dan pembangunan SDM secara luas,” jelasnya.

Menurut Deni, hal itu sangat penting mengingat rakyat Pacitan butuh banyak perhatian langsung. Deni menyebut Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Pacitan yang masih rendah, yaitu 68,39. IPM Pacitan termasuk yang terendah di Mataraman, kawasan barat Jawa Timur. IPM Pacitan juga berada di bawah rata-rata standar Jatim yang sebesar 71,71.

“IPM ini menunjukkan indikator pendidikan, kesehatan, dan ekonomi, terkait lama hidup, pengetahuan, dan standar hidup. Makanya ini sangat penting membantu SDM Pacitan. Apalagi kemiskinan di Pacitan termasuk tertinggi di Jatim, dan pendapatan per kapitanya di bawah rata-rata,” papar politisi PDI Perjuangan itu.

“Jadi dana Rp9 miliar itu tetap harus untuk rakyat Pacitan, hanya saja bentuknya lain, kalau sebelumnya untuk bangun museum perseorangan, ke depan manfaatnya bisa langsung dan lebih luas dirasakan rakyat,” tegas Deni.

Seperti diketahui, publik beberapa pekan terakhir menyorot adanya dana hibah bantuan keuangan khusus (BKK) dari Pemprov Jatim ke Pemkab Pacitan sebesar Rp 9 miliar untuk pembangunan Museum SBY. Dana hibah itu rencananya akan diberikan ke Yudhoyono Foundation, lembaga yang didirikan (AHY).

Setelah mendapat penolakan publik, Pemprov Jatim akhirnya membatalkan. Hal itu sesuai surat dari Pemprov Jatim yang ditandatangani Sekretaris Daerah Pemprov Jatim, Heru Tjahjono nomor 910/3050/201.2/2021, tentang penarikan kembali bantuan keuangan khusus Kabupaten Pacitan pada perubahan APBD Provinsi Jawa Timur tahun Anggaran 2020.

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta :
Editor :

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya