default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Jangan Ada Pungli Pada Program PTSL di Bojonegoro

Jangan Ada Pungli Pada Program PTSL di Bojonegoro
Suara Pembaca
Hariri Muhartono warga asal Kecamatan Balen
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

BOJONEGORO, Secara resmi program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) berjalan mulai tahun 2018, yang mana program juga sudah ada peraturan diatur melalui Surat Keputusan Bersama (SKB) 3 Menteri nomor 34 Tahun 2017 tentang Pembiayaan Persiapan Pendaftaran Tanah Sistematis.

Hariri Muhartono mengatakan pada point ketujuh menyebutkan besaran biaya yang diperlukan untuk persiapan pelaksanaan sebagaimana dimaksud pada Diktum kesatu, keempat dan kelima pada nomor lima yakni kategori lima (Jawa dan Bali) sebesar 150 ribu rupiah per bidang.

"Memang untuk merealisasikan peraturan itu bukanlah hal mudah, sebab kenyataanya dengan 150 ribu per bidang bisa jadi belum cukup guna melaksanakan program," ucapnya Jum'at (15/11/19).

Lanjutnya, terkait Pemerintah Kabupaten (Pemkab) pun juga sudah memperkuat kembali dengan terbitnya Peraturan Bupati (Perbup) nomor 53 tahun 2017 ditegaskan pada pasal tujuh nomor satu kaitan kisaran biaya.

"Juga tertulis bahwa ditetapkan 150 ribu rupiah tiap peserta per bidang tanah," tuturnya.

Menurutnya adanya Desa dengan per bidang mencapai kisaran rata-rata 500 ribu tentu menjadi suatu kasak kusuk tersendiri. Meskipun warga pada umumnya katakan sangat murah, tidak menutup kemungkinan mempertanyakan untuk apa saja kegunaan biaya.

"Terbukti munculnya pemberitaan di media siber Terasjatim.com berjudul PTSL di Brangkal Bojonegoro disinyalir Jadi Lahan Pungli Terselubung," ungkapnya.

Dirinya berharap semoga adanya program PTSL dari pemerintah dengan tujuan bantu masyarakat urus sertifikat dengan biaya sangat murah tidak dijadikan lahan mencari suatu keuntungan oleh oknum mengatas namakan panitia ataupun lainya.

"Perlu kontrol/tindakan dari pihak terkait agar jalanya program positif itu tidak sampai berbalik negatif akibat ulah tidak oknum tidak bertanggung jawab," ujarnya.

"Semoga program PTSL dapat terealisasikan tanpa ada gejolak permasalahan diakar rumput," imbuhnya.


Kontributor : Suara Pembaca
Editor : Aji Susanto
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar