default ads banner CODE: NEWS / LARGE LEADERBOARD / 970x90

Tiga Rumah Disambar Api Gegara Ledakan Bensin Diwadahi Jerigen

Tiga Rumah Disambar Api Gegara Ledakan Bensin Diwadahi Jerigen
Peristiwa Daerah
Tiga rumah yang dilalap si jago merah.
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 1 / 468x60

SITUBONDO - Gegara menuang BBM jenis premium dari wadah berbahan plastik berupa jerigen ke ember, 3 rumah di Dusun Semiring Selatan, Desa Semiring, Kecamatan Mangaran, Kabupaten Situbondo, Jawa Timur terbakar,  Ahad (1/12/2019). 

Musibah tersebut terjadi pukul 09.00 WIB dan membakar 3 rumah semi permanen milik Iwan Laksono (31), Saleh (52) dan Sutina (64) yang mengalami kerusakan berat dan ringan dengan kerugian total mencapai puluhan juta rupiah. 

Pusdalops BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah) Kabupaten Situbondo, Puriyono menuturkan, sebelum peristiwa itu terjadi, Iwan pemilik rumah bermaksud menuang BBM jenis premium dari jerigen ke ember untuk keperluan mengisi BBM mesin pompa air di sawah. 

"Ketika korban menuangkan BBM tersebut, api dari tungku yang posisinya berdekatan langsung menyambar, sehingga jerigen tersebut meledak dan api merembet ke kulkas. Kemudian api membesar dan membakar ke bagian rumah serta dua rumah tetangganya tersebut," tuturnya. 

Dia menambahkan, korban melihat kobaran api yang membesar berusaha menyelamatkan diri dengan berlari keluar rumah dan meminta tolong warga sekitar. 

" Spontan warga bergotong- royong memadamkan api dengan peralatan seadanya. Namun tiupan angin yang kencang membuat api cepat membesar dan merembet ke rumah tetangganya," imbuhnya.

Beberapa menit kemudian 3 unit Damkar milik Pemkab Situbondo tiba di   lokasi untuk memadamkan api agar tidak merembet ke area lainnya. 

"Api berhasil dipadamkan sekitar pukul 09.30 WIB, tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun total kerugian diperkirakan mencapai 30 juta rupiah. Kami menghimbau agar lebih berhati -hati dan waspada saat menuang BBM agar menjauh dan menghindari api, " pungkas Puriyono.(*)


Kontributor : Sarwo Edy
Editor : Irwan Rakhday
Publisher : Alfina Putri
default ads banner CODE: NEWS / BANNER 2 / 468x60

You can share this post!

Komentar