SUARA INDONESIA BOJONEGORO

Ratusan Sapi ikuti Kontes Ternak Disnakkan Bojonegoro

Aji Susanto - 22 November 2023 | 13:11 - Dibaca 1.20k kali
Advertorial Ratusan Sapi ikuti Kontes Ternak Disnakkan Bojonegoro
Salah satu sapi milik peternak, ikuti kontes. (Foto: Aji/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BOJONEGORO - Kontes dan Pameran Ternak yang digelar Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Peternakan dan Perikanan (Disnakkan) di Pasar Hewan Desa Kedungbondo Kecamatan Balen berlangsung cukup ramai. Hari pertama kegiatan pada Selasa (21/11/2023), sebanyak 140 ekor sapi milik peternak dari 28 Kecamatan se-Kabupaten Bojonegoro diikutkan dalam kontes.

Kepala Bidang Kesehatan Hewan, Pengolahan dan Pemasaran Hasil Peternakan, Disnakkan Bojonegoro, drh. Luthfi Nurrahman menuturkan, kegiatan ini akan berlangsung  hingga Rabu 22 November 2023.

“Kegiatan dilaksanakan dua hari, hari ini kedatangan 140 ternak dari 28 Kecamatan dan dilakukan penilaian dan penjurian ternak. Kemudian nanti malam dilanjutkan dengan hiburan campur sari oleh kelompok kesenian Kangen Budoyo dari Kecamatan Kedungadem,” ungkapnya saat ditemui di lokasi. 

Lebih lanjut, drh. Luthfi menjelaskan, ternak yang masuk di area kontes langsung dilakukan penimbangan untuk menentukan kriteria kategori. Sedangkan untuk penilaian kontes dilakukan oleh tim juri dari Provinsi Jawa Timur. Untuk pengumuman pemenang akan dilakukan Rabu besok.

“Dalam kontes ini ada lima kategori yakni pejantan cross, jantan peranakan ongole (PO), induk peranakan ongole (PO), bakalan jantan cross dan calon induk peranakan ongole (PO),” katanya.

Selain kontes, Disnakkan juga menghadirkan sapi pameran jenis sapi unggulan belgian blue, wagyu, sapi transfer embrio. Juga dihadirkan produk olahan hasil peternakan dan produk olahan hasil perikanan.

Luthfi menambahkan, kontes dan pameran ini bertujuan  meningkatkan kemampuan peternak untuk mengembangkan usaha ternak dengan teknologi modern peternakan dan memperhatikan kesehatan hewan. "Selain itu, juga meningkatkan populasi dan produktivitas sektor peternakan, serta mengapresiasi perjuangan peternak sebagai pangan sumber protein asal hewani," ucapnya. 

"Juga merangsang tumbuhnya hilirisasi mandiri melalui innovasi pemasaran dan olahan produk hasil peternakan dan meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan peternak," pungkasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aji Susanto
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya