SUARA INDONESIA BOJONEGORO

Program Sanduk Sangat Dirasakan Manfaatnya oleh Warga Bojonegoro

Aji Susanto - 04 December 2023 | 10:12 - Dibaca 1.14k kali
Advertorial Program Sanduk Sangat Dirasakan Manfaatnya oleh Warga Bojonegoro
Ilustrasi program Sanduk. (Foto: Aji/Suara Indonesia)

SUARA INDONESIA, BOJONEGORO - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro terus berusaha meningkatkan kesejahteraan warga dan menurunkan angka kemiskinan. Salah satunya melalui program santunan duka yang diberikan kepada warga yang anggota keluarganya meninggal dunia.  

Program santunan duka ini sudah lama diterapkan Pemkab Bojonegoro. Pada tahun 2023 ini, jumlah pemohon santunan duka mencapai 11.000 pemohon. Selain itu, Pemkab Bojonegoro juga telah menaikkan nominal santunan, dari sebelumnya Rp 2,5 juta mencapai Rp 3 juta.

Menurut Kepala Desa Purwosari, Kecamatan Purwosari, Umi Zumrothin, santunan duka yang diterima warga telah memberikan manfaat besar. Bantuan ini dapat meringankan beban keluarga yang sedang mempersiapkan berbagai kebutuhan pemakaman anggota keluarga yang meninggal.

"Santunan ini sangat bermanfaat. Terlebih di desa karena dengan bantuan tersebut bisa meringankan beban atau kebutuhan pemakaman keluarga yang berduka," ungkap Umi, Senin (04/12/2023). 

"Pencairan santunan duka sendiri langsung ke rekening keluarga atau ahli waris. Hal ini menjadi bukti transparansi dan mempercepat akses penerimaan bantuan," lanjutnya.

Sementara itu, Kabag Kesejahteraan Rakyat Pemkab Bojonegoro, Sahlan menjelaskan, bahwa program santunan duka telah berjalan hampir lima tahun. Tujuannya mengurangi beban keluarga miskin saat kehilangan anggota keluarga, terutama untuk keperluan pemakaman.

"Program ini sudah berjalan sejak era Bupati Anna Mu’awanah," kata Sahlan.

Sahlan menambahkan, proses mengajukan santunan duka ini cukup mudah dan didukung petugas yang siap membantu. "Program ini tidak hanya memberikan bantuan uang, tapi juga menjadi bentuk kepedulian Pemkab kepada warganya," pungkasnya. (Adv)

» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aji Susanto
Editor : Satria Galih Saputra

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya