SUARA INDONESIA BOJONEGORO

Bupati Bojonegoro: Adanya Perencanaan Ekonomi Hijau, Semoga Perekonomian Masyarakat Meningkat

Aji Susanto - 29 March 2021 | 17:03 - Dibaca 438 kali
Pemerintahan Bupati Bojonegoro: Adanya Perencanaan Ekonomi Hijau, Semoga Perekonomian Masyarakat Meningkat
Acara FGD di lantai 6 Pemkab Bojonegoro

BOJONEGORO, Dalam rangka mendapat gambaran desain dan roadmap implementasi ekonomi hijau maka Pemkab melalui BAPPEDA (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah) selenggarakan FGD (Focus Group Discussion) Desain.

Kata kepala BAPPEDA Mokhamad Anwar Mukhtadlo, bahwa tujuan dari penyelenggaraan FGD ini dalam rangka mendiskusikan beragam tantangan yang dihadapi kota minyak dalam mendorong pembangunan manusia serta pembangunan perekonomian daerah.

"Tentunya dengan memperhatikan aspek kelestarian lingkungan serta mendukung pembangunan berkelanjutan akan SDA yang dimiliki," ujarnya Senin (29/03/2021).

"Kedepan Pemkab berinisiasi menata perencanaan pembangunan berkelanjutan yang memperhatikan trade-off kemajuan ekonomi, sosial dan lingkungan dengan paradigma baru “Build Back Better," imbuhnya.

Lanjut Bupati Anna Mu'awanah, secara teroterial kota Ledre ini 40% wilayahnya kehutanan, 30% berproduksi minyak. Kiranya dengan menuju ekonomi hijau, kita tidak ingin adanya suatu kesalahan yang mana jangan bergantung pada Migas yang tidak dapat terbarukan.

Selain itu, wilayah kita memiliki potensi sumber air dari bengawan solo, namun yang berdampingan dengan migas suatu ketika jika kekurangan air atau hujan terlambat maka Proyek Strategis Nasional (PSN) tersebut kami support sehingga petani dapat tercukupi ketersediaan air secara maksimal. Dengan pertumbuhan ekonomi yang baik diharapkan dapat mendorong turunnya angka kemiskinan dan pengangguran.

"Kami berharap gagasan ekonomi hijau dapat memenuhi kebutuhan berkelanjutan dalam membangun sekaligus meningkatkan kesejahteraan masyarakat dengan mengurangi risiko kerusakan lingkungan secara signifikan, saya yakin diskusi ini mendapatkan suatu rotmed bojonegoro menuju ekonomi hijau yang berkelanjutan," tegasnua.

Diketahui, acara FDG bertempat dilantai 6 dihadiri oleh nara sumber Ir. Medrilzam, M.Prof.Econ,Ph.D (Direktur Lingkungan Hidup KemenPPN/Bappenas) dan Etjih Tasriah (Direktorat Neraca Produksi,

Badan Pusat Statistik). Acara di buka oleh Bupati Bojonegoro melalui virtual dan ikuti Sekretaris Daerah, Staf Ahli, Asisten Daerah, Kepala OPD, Kepala Cabang Dinas Kehutanan Jawa Timur wilayah Bojonegoro, Kepala BPS Jawa Timur, Kepala BPS Kabupaten Bojonegoro, serta ADM Perhutani Bojonegoro dan Padangan.



» Klik berita lainnya di Google News SUARA INDONESIA

Pewarta : Aji Susanto
Editor : Yuni Amalia

Share:

Komentar & Reaksi

Berita Terbaru Lainnya